Melahirkan Berdua Lebih Mudah

Mulai usia kehamilan 37 minggu , tanda-tanda persalinan bisa datang kapan saja. Tak terasa, ya, Ma, detik-detik menjelang persalinan sudah di depan mata. Ada beberapa hal yang bisa Mama persiapkan jauh-jauh hari, mulai tas berisi keperluan selama menginap di rumah sakit, dokumen yang diper lukan untuk prRses kelahiran kesehatan fisik serta mental untuk kesiapan yang lebih baik, dan tak lupa, menen tukan siapa figur yang paling tepat untuk menemani Mama di ruang bersalin.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Bagi sebagian mamil, menyiapkan figur pendamping persalinan mungkin belum menjadi salah satu prioritas utama. “Toh, biasanya suami, kok, yang menemani,” ungkap seorang mamil. Bila suami berhalangan pun, sosok ibu atau keluarga perempuan lain akan sangat mungkin diandalkan. Tak ada yang salah dengan anggapan tersebut, tetapi yang perlu Mama ketahui lebih dalam ialah peran pendamping persalinan ternyata lebih dari sekadar menemani. Figur yang tepat terbukti bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat bersalin.

Menurut psikolog Katerina Fotopoulou dari UCL Psychology and Language Science, mamil perlu menen tukan siapa pendamping persalinan yang ia percaya mampu memberikan dukungan penuh saat bersalin. Sebab, saat mamil tidak menaruh kepercayaan terhadap pendamping persalinannya, walau itu suaminya sendiri, hal itu sangat berisiko meningkatkan pengalaman rasa sakit. Di sisi lain, sebuah studi yang dilakukan oleh para psikolog dari University College London menemukan, mamil yang ditemani oleh pendamping persalinan yang tepat, terlebih bila itu adalah suami sendiri, lebih sedikit menggunakan obat penghilang rasa sakit selama maupun setelah bersalin.

Dengan kata lain, dukungan psikologis memiliki peran yang lebih besar ketimbang beragam teknik untuk meredakan rasa nyeri selama bersalin. Tentu, Mama memiliki kebebasan penuh dalam menentukan siapa calon pendamping persalinan kelak. Keputusan tersebut sebaiknya dihargai oleh semua anggota keluarga. Yang penting, siapa pun pendamping pilihan Mama, hendaknya ia memiliki kriteria sebagai pendamping persalinan agar proses bersalin menjadi lebih nyaman dan mudah. Selamat memilih, Ma!

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *