Tips Merawat Gigi

Agar Mama dapat terhindar dari masalah kesehatan gigi dan mulut, inilah beberapa hal yang penting dilakukan, baik sebelum maupun selama kehamilan! } Kunjungi dokter gigi sebelum hamil untuk melakukan pembersihan serta perawatan gigi dan mulut.

“ program ausbildung di jerman bagi kamu yang ingin bekerja di Perusahaan Jerman “ ~sat-jakarta~

} Tetap lakukan kunjungan ke dokter gigi saat hamil dengan memberi tahu dokter mengenai kehamilan Mama. Perawatan dental invasif, seperti cabut atau operasi gigi harus dihindari selama kehamilan, kecuali jika darurat. Tujuannya agar mamil tidak terekspos bahan dan prosedur yang dapat memengaruhi janin. Pemeriksaan gigi tetap aman dilakukan pada trimester kedua. Jika ada perawatan besar, seperti pencabutan gigi, baiknya ditunda hingga setelah melahirkan.

} Berikan perhatian khusus jika ada perubahan pada gusi selama kehamilan. Jika terasa nyeri, gusi berdarah atau gusi membengkak, segera beri tahu dokter gigi untuk dilakukan pengecekan. } Sikat gigi minimal dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Sikat gigi Mama dengan bulu sikat yang lembut, kepala sikat kecil, dan tanpa penekanan (pelan). Sikat menyeluruh gigi dan gusi selama kurang lebih dua menit. Sehabis muntah atau mengonsumsi makanan asam dan manis, tunggu paling tidak satu jam sebelum mulai menyikat gigi.

} Jika merasa mual dengan pasta gigi yang biasa digunakan, ganti dengan pasta gigi yang hambar (tidak ada perasa). Usai muntah, kumur-kumur dengan air putih. } Jika gusi mamil berdarah setelah menggosok gigi, gunakan larutan air garam hangat untuk berkumur, lalu pijat-pijat gusi yang berdarah tadi untuk meredakan nyeri dan menghentikan perdarahan. } Perhatikan makanan yang dikonsumsi, hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Semakin sering ngemil makanan manis, semakin besar risiko terjadinya lubang pada gigi. } Setiap hari konsumsilah makanan bergizi seimbang. Gigi bayi terbentuk pada trimester pertama kehamilan. Diet sehat dengan sumber mineral kalsium dan fosfat penting bagi pertumbuhan gigi, gusi, dan tulang janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *