Pantau Tekanan Darah

Masuk trimester akhir, secara alami tekanan darah mamil akan sedikit naik, tepatnya memasuki bulan ke-7 kehamilan. Waspadai gejala-gejala khasnya, seperti sakit kepala berat, penglihatan kabur, bengkak berlebihan pada tangan, kaki, dan pergelangan kaki, atau pertambahan berat badan yang terlalu banyak. Bila tidak dipantau dengan cermat, mamil bisa mengalami gangguan preeklamsia, yang biasanya memang didahului dengan tekanan darah dan level protein pada urine yang tinggi selama kehamilan.

“ program beasiswa kuliah di Jerman gratis untuk melanjutkan studi S2-S3 “ ~ upstory.org ~

Ukuran Janin Pengaruhi Risiko Kematian Dalam Rahim

Janin yang tergolong terlalu kecil untuk usia kehamilan berisiko 3-4 kali lipat lebih besar untuk mengalami kematian dalam rahim, dibandingkan janin dengan ukuran normal. Selain itu, ukuran yang terlalu besar juga memiliki risiko serupa, demikian menurut studi yang dimuat di jurnal PloS Medicine. Berdasarkan temuan ini, peneliti menganjurkan para dokter untuk dengan cermat memeriksa ukuran janin serta melihat apakah sudah sesuai dengan usia kehamilan. Dengan demikian, risiko kematian dalam rahim bisa terhindari.

1001 Alasan

“Putriku anak yang unik, dia punya 1001 alasan kalau disuruh tidur. Bilang kepanasanlah, gatal digigit nyamuklah, pengin minum susulah, masih pengen mainlah. Pokoknya, tingkahnya ngeseliiin, deh. Tapi, dia ujung-ujungnya nyerah juga sama kantuknya dan berujung dibuai di atas ayunannya. Itulah putriku.” Rini Asmarani, mama dari Zahra Nadhifah Andini (2)

Banyak Permintaan

“Dede kalo udah mengantuk biasanya ngajak Bunda ke kamar sambil menunjuk ke arah kamar sembari berkata, ‘Nda… nana… enen?’ Tapi pas mau mulai nenen, Dede suka menengadahkan kedua tangannya, ‘Bla… bla… amiin.’ Ceritanya, ia berdoa sebelum nenen dan tidur. Setelah itu. ‘Nda….’ sambil goyang-goyangkan sebelah tangannya. Hemm, dia minta dikipasi. Jadinya Bunda kipas-kipas Dede. Terus Dede akan menengadahkan tangan lagi atau angguk-angguk kepala. Nah, ini isyarat meminta saya bacakan surat-surat Alquran yang pendek, seperti Al-Ikhlas. Saat dibacakan, dia akan diam. Lama-lama tidur, deh. Tapi kadang kala kalau masih ingin main atau lagi banyak orang, dia maunya main dulu seperti tadi.” Nova Indriyani, mama dari Aria Fahri Pratama (17 bulan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *