Makna Di Balik Berat Dan Panjang (Tinggi) Si Kecil Bag2

Penting diketahui, saat seorang anak mengalami kekurangan gizi, maka BBnya bisa saja tidak naik atau mengalami kenaik an, tetapi hanya sedikit (tidak sesuai dengan garis kurva pertumbuhan), atau malah menjadi turun. Tapi untuk TB dan LK tetap bertambah. Kecuali jika kekurangan gizi berkelanjutan atau sudah terjadi lama, baru bisa terlihat TB/PB melambat, kemudian disusul dengan melambatnya pertumbuhan LK.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Sedangkan untuk BB anak yang berlebih, jika dibiarkan bisa membuat anak menjadi obesitas. Padahal, obesitas membahayakan, anak berisiko mengalami gangguan metabolik, seperti; hipertensi dan diabetes mellitus. Selain itu juga, anak bisa saja mengalami penekanan pada lutut, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tulang dan menyebabkan kesulitan bergerak, yang pada akhirnya mengurangi aktivitas fisik. ‘

PB/TB MENJADI PARAMETER KEADAAN STATUS GIZI. PB adalah pengkuran untuk bayi (<2 tahun dengan PB kurang dari 50 cm), pengukurannya menggunakan length board atau meteran kain saat anak berbaring. Sedangkan pengukuran TB dilakukan untuk anak yang bisa berdiri, menggunakan alat pengukur tinggi (microtoise) yang mempunyai ketelitian 0,1 cm, atau bisa dengan meteran kain yang ditempelkan di dinding datar. Pengukuran PB/TB ini penting, karena menjadi parameter yang dapat melihat keadaan status gizi sekarang dan keadaan yang telah lalu. Walaupun memang PB/TB relatif kurang sensitif pada masalah kekurangan gizi pada waktu singkat. ‘

PENGUKURAN LK PENTING SELALU DILAKUKAN BERSAMAAN DENGAN MENG UKUR BB DAN PB/TB. Peningkatan pertumbuhan LK pada anak (bayi dan balita) merupakan tanda dari bertumbuhnya sel-sel otak. Dengan bahasa lain, bila kekurangan gizi berlangsung terus, pada akhirnya mengurangi pertumbuhan sel otak dan memengaruhi perkembangan seorang anak. Bahkan, ada pendapat, saat terjadi gangguan BB (kurang), sebetulnya saat itu pun sudah terjadi gangguan pada pertumbuhan otak.

Oleh karena itu, pengukuran LK membantu orangtua dan tenaga kesehatan dalam memantau pertumbuh an dan perkembangan anak. Saat seorang anak mengalami peningkatan LK yang terlalu cepat, maka dapat dideteksi apakah anak tersebut mengalami gangguan kesehatan atau tidak, dengan melihat perkembangan anak menurut usianya (motorik kasar, motorik halus, sosial, bahasa, kognitif).

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *