Yuk Mengenal Gurun Terluas Di Dunia

Gurun adalah wilayah atau daerah dengan curah hujan yang sangat rendah hanya 225mm atau 25cm setiap tahunnya. Berbicara tentang gurun, hal apa yang pertama anda bayangkan? Mungkin, gersang, tidak ada pepohonan, tidak ada rumput, panas, berdebu, dan lain sebagainya.

Apakah anda tahu bahwa 1/3 dari daratan dibumi adalah gurun pasir? Artinya gurun pasir di bumi cukup luas. Pun begitu, gurun pasir tidak selalu panas.

Walau siangnya mungkin bisa mencapi 400 C, tetapi pada malam harinya bisa mencapai hingga 00 C.

Tahukah Anda Bahwa Gurun dibagi menjadi 4 jenis?

  • Gurun dingin

Gurun yang curah hujannya hanya sekitar 16 – 26 cm per tahunnya, tetapi musim dingin cukup panjang dan sepanjang musim dingin akan turun salju sehingga suhu saaat musim dingin bisa mencapai -20 C dan 260 C saat musim panas.

  • Gurun pesisir

Gurun dengan curah hujan 8 – 13 cm per tahunnya, suhu rata-rata sekitar 13 – 240 C dan saat musim dingin suhunya dibawah 50 C

  • Gurun semi kering

Gurun dengan curah hujan 25cm per tahun dan daerahnya tinggi berkerkikil sedangkan daerah rendah berpasir.

  • Gurun panas dan kering

Gurun yang curah hujan 25cm per tahun, bahkan terkadang dibawah 25cm per tahun, suhu di siang hari mencapai 400 Csedangkan dimalam hari turun dengan snagat signifikan yaitu mencapai 00 C.

Berikut akan kita bahas 10 gurun terluas didunia, akan kita urutkan dari yang paling luas.

10 Gurun Terluas Di Dunia Salah Satunya Ada Di Antartica

Mungkin, kebanyakan orang hanya mengira gurun hanya ada di daerah gersang saja tanpa adanya air sedikitpun, namun nyatanya ada gurun di antartica yang dimana antartica adalah tempat yang sangat beku dan dingin.

 

Dan berikut di bawah ini adalah 10 daftar gurun terluas di dunia, diantaranya adalah:

 

  1. Gurun Antartica

Dari namanya anda pasti sudah tau bahwa gurun ini berada di benua antartica yang itu bagian kutub dengan luas 13.829.430 km2.

  1. Gurun Artic

Merupakan gurun kutub dengan luas sekitar  13.726.937 km2 yang berada di daratan Rusia, Alaska, Kanada, Greenland, Swedia dan Norwegia.

  1. Gurun Sahara

Gurun sahara adalah gurun ketiga terluas didunia tetapi merupakan guru terluas untuk gurun subtropics, luasnya sekitar 3.500.000 km2 yang berada benua Afrika bagian utara

  1. Gurun Arabia

Gurun Arabia merupakan salah satu gurun yang subtropis, dari namanya jelas bahwa gurun ini berada di Arab, tepatnya di semenanjung Arab, di Benua Asia. Adapun luas gurun Arabia sekitar 2.330.000 km2 .

  1. Gurun Gobi

Gurun gobi adalah gurun yang suhunya cukup renda atau biasa disebut sebagai gurun musim dingin, yang sepanjang tahun lebih didominasi dengan turunnya salju. Gurun gobi memiliki luas sekitar 1.300.000 km2 yang berada di daerah Mongolia dan Tiongkok di Benua Asia.

  1. Gurun Kalahari

Gurun Kalahari merupakan gurun subtropics yang berada di Nimiabia, Afrika Selatan dan Botsana di benua Afrika.

  1. Gurun Patagonia

Gurun Patagonia sama dengan gurun gobi yang merupakan gurun musim dingin, memiliki luas sekitar 670.000 km2  yang berada di Argentina benua Amerika Selatan.

  1. Gurun Great Victoria

Gurun great Victoria merupakan gurun subtropics yang berada di benua Australia dengan luas sekitar 647.000 km2 .

  1. Gurun Syrian

Gurun Syrian merupakan gurun ke empat terluas untuk jenis gurun subtorpics, memiliki luas sekitar 520.000 km2  , yang berada di Suriah, Irak, Arab Saudi dan Yordania di benua Asia.

  1. Gurun Great Basin

Merupakan gurun musim dingin dengan luas 492.000 km2  dan berada di daerah Amerika Serikat.

Sekian untuk 10 gurun terluas didunia, dan semoga saja artikel di atas dapat bemanfaat yah, lalu apakah Anda berminat untuk menggunjungi salah satu gurun di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.