A-Z Inkubator

Dalam konteks perawatan bayi, inkubator adalah semacam “kotak tempat tidur bayi” yang dirancang khusus untuk bayi dengan masalah medis. Fungsi utamanya agar bayi berada dalam lingkungan ideal demi perawatan masalah kesehatannya. Suhu udara dalam Inkubator dapat diatur sehingga bayi tidak kedinginan (hipotermia), namun berada dalam lingkungan yang sesuai kebutuhannya. Inkubator juga menjadi tempat berlindung bagi bayi dari kemungkinan kontaminasi kuman lingkungan sekitar.

Bayi yang dirawat dalam inkubator adalah bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan dalam suhu lingkungan yang terjaga baik, dan bayi yang sedang dirawat karena masalah medis, baik di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) maupun di Special Care Nursery (SCN). Bayi yang sakit dan dirawat dalam NICU umumnya adalah bayi yang sakit berat. Contoh, menderita gangguan napas, infeksi berat (sepsis), bayi yang menelan cairan ketuban, bayi prematur, bayi dengan berat badan rendah, bayi dengan kelainan bawaan berat, dan sebagainya. Posisi bayi dalam inkubator, akan diatur sedemikian rupa agar aman dan nyaman.

Pada saat ini, inkubator seakan menjadi “rahim” tempat tinggal bayi. Saat bayi dirawat di NICU, selain inkubator, digunakan pula berbagai peralatan medis lain, seperti alat bantu napas (ventilator). Inkubator juga digunakan untuk merawat bayi dengan kondisi sakit yang lebih ringan. Biasanya mereka dirawat dalam Unit Special Care Nursery atau sering disebut unit perinatologi. Perawatan di unit ini tidak menggunakan berbagai alat bantu lain, seperti ventilator (alat bantu napas), dan sebagainya.

Contoh kasus adalah bayi yang sudah stabil fungsi paru dan jantungnya namun masih memiliki berat badan rendah. Atau kasus bayi hiperbilirubinemia dan memerlukan terapi sinar biru (blue light). Inkubator juga digunakan untuk menstabilkan suhu bayi baru lahir yang cenderung kedinginan karena belum bisa beradaptasi, dari perubahan lingkungan rahim ibu yang hangat ke suhu ruangan perawatan bayi baru lahir.

Jadi, biasanya bayi baru lahir, meskipun cukup bulan, sehat, dan bugar (apalagi kalau bayi kecil), segera setelah dibersihkan akan dimasukkan dalam inkubator untuk memantau kondisi dan menstabilkan fungsi jantung, paru, dan suhu tubuhnya. Setelah beberapa jam dan dipastikan ia dalam kondisi aman dan tidak ada masalah, barulah bayi dipindahkan ke boks yang disiapkan untuk bayi sehat.

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan orangtua adalah masa depan anak. Ketika anak sudah dewasa dan akan menghadapi tes IELTS maka persiapkan ia melalui kursus IELTS terbaik di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *